Crying Nut Menanggapi Permintaan Maaf dari CNBLUE dan FNC Entertainment

20130218_cnblue_cryingnut

Crying Nut menanggapi  permintaan maaf resmi dari CNBLUE dan FNC Entertainment.

Sebelumnya, Crying Nut telah mengajukan gugatan terhadap CNBLUE karena pada tahun 2010, CNBLUE membawakan lagu Crying Nut ”offside” di ‘M Countdown!’ tanpa seizin mereka dan penampilan tersebut kemudian direkam dan dimasukkan dalam DVD yang di rilis di Jepang.

Namun, Mnet telah melangkah maju untuk mengatakan bahwa mereka akan mengambil tanggung jawab atas gugatan itu. Crying Nut merespon dengan meminta Mnet untuk tidak ikut campur dalam gugatan mereka terhadap CNBLUE.

FNC Entertainment dan CNBLUE kemudian mengeluarkan permintaan maaf secara resmi di situs web mereka.

Berikut adalah pernyataan resmi dari Crying Nut

Halo. Kami Crying Nut. Pertama, kami mohon maaf bahwa kami menyapa kalian dengan berita tidak menyenangkan

Kami serius tercermin tentang masalah antara Crying Nut dan CNBLUE, bekerja keras untuk melihat situasi tanpa penghakiman atau memihak. Kami dengan hati-hati menulis postingan ini. Pertama, mari kita membuat jelas bahwa kita tidak memiliki perasaan buruk terhadap CNBLUE dan kami tidak ingin menggunakannya dengan cara apapun.

Situasi dimulai dua tahun lalu pada musim gugur dari 2011, di mana kita menerima panggilan telepon dari sebuah perusahaan besar. Mereka meminta kami jika mereka dapat menggunakan Cover live dari versi CNBLUE “offside”  karena CNBLUE telah merilis sebuah DVD di Taiwan. Kami bingung dengan pertanyaan tersebut, tapi kita dengan sopan menolak. Kami mengatakan bahwa salinan penampilan live baik-baik saja, tapi dengan sopan menolak penggunaan rekaman dalam DVD. Kami pikir itu adalah akhir dari itu.

Tapi kami kemudian mendengar bahwa lagu kami digunakan dalam sebuah DVD dan dirilis di Jepang, dan kami sangat tersinggung. Dan kita juga melihat video di YouTube secara kebetulan, dan kami mendengar instrumen dan suara dalam versi live. Mereka menggunakan AR kami (Semua Rekaman Asli), kita melihat DVD dan kebanggaan kami benar-benar terluka, dan kami mendongak apakah itu OK untuk melakukannya di bawah undang-undang hak cipta. Setelah itu, kami mengambil langkah-langkah hukum.

Kami belajar masalah ini dengan penyiaran serta produksi dan distribusi DVD yang merupakan stasiun siaran dan perusahaan besar. Sementara masalah hak cipta  adalah dengan CNBLUE.

Kami sudah mengangkat masalah itu dengan perusahaan besar dan menerima permintaan maaf resmi. Dan kami juga ingin menerima permintaan maaf dari CNBLUE untuk masalah hak cipta.

Tapi kami pikir bahwa jika insiden yang sama terjadi di masa depan dan hasil akhirnya hanya menerima permintaan maaf, insiden lain seperti itu bisa terjadi lagi. Dan jika tidak ada upaya hukum, kami juga berpikir bahwa band indie yang tidak berdaya bisa memiliki bahaya yang sangat tidak adil diberikan kepada mereka jika sesuatu seperti ini terjadi lagi di masa depan. Juga karena CNBLUE memiliki masalah plagiarisme sebelumnya dengan band indie ’xxx’ , kita harus mengambil waktu untuk mempersiapkan langkah-langkah hukum secara akurat.

Kami jelas menyatakan bahwa tujuan kita bukan pemasaran keributan melalui tuntutan hukum dengan CNBLUE, atau untuk menghentikan masa depan band populer karena uang.

Apa yang Crying Nut ingin katakan adalah bahwa hal ‘hak cipta’ tidak boleh begitu mudah diabaikan, namun harus dengan erat memandang dengan resolusi. Jika sebuah band menggunakan ‘AR’ dan hanya digunakan untuk hal-hal siaran dan komersial, apakah menurut kalian situasi akan sama?

Kami tidak berpikir bahwa itu adalah suatu hal yang seperti kalian katakan, ‘Kami lipsynced karena kami musisi pemula dan kami diberitahu untuk melakukannya oleh stasiun siaran. Mengapa kau begitu berpikiran sempit dan menyudutkan kita untuk sesuatu seperti itu, sunbaenim ‘dan! meninggalkannya sendirian.

Mereka melakukan lipsynced serta memakai AR kami dan bahkan merilis DVD. Kami pikir itu tidak profesional dan tidak bisa mengerti ketika mereka mencoba untuk menarik emosi kita dengan mengatakan kepada kita bahwa mereka tidak punya pilihan lain karena stasiun siaran. Kami memiliki banyak pemikiran yang berbeda, seperti ‘Mungkin kita tampak mudah karena kami adalah band indie?’ Atau ‘Mungkin mereka tidak cukup tahu tentang masalah hak cipta?’.

Kami kemudian melihat permintaan maaf resmi CNBLUE. Kami merasa sedikit lebih baik dan menyadari CNBLUE juga menderita, dan kami benar-benar memiliki banyak emosi yang campur aduk. Tapi kami juga merasa sakit tentang permintaan maaf. Kami melihat sebuah artikel yang mengatakan bahwa mereka meminta maaf dengan tulus dan bahwa mereka akan mencoba untuk menghentikan situasi lain terjadi ……. Tapi mereka tidak mengatakan bagaimana mereka akan membuat upaya untuk mencegahnya. Alasan mengapa kami mengambil langkah-langkah hukum untuk menghentikan terjadinya kembali sehingga tidak ada artis masa depan yang dirugikan. (Jujur, kami berharap akan ada alternatif yang baik.)

Kami berbicara kebenaran kepada sebuah perusahaan besar dan percaya diri memperoleh hak-hak kami. Dan mereka mengakui kesalahan yang telah mereka lakukan, sehingga kita mampu untuk menemukan jalan tengah. Kami juga mengatakan kebenaran CNBLUE dan kami sedang mencari hak-hak kami. Tidak apa-apa jika kita mengatakan bahwa kita memiliki standar ganda, atau jika kita disebut sunbae yang berpikiran sempit ? Kami hanya mengatakan yang sebenarnya dan kita ingin mencari hak-hak kami dan kehormatan kami.

Kami tidak ingin menyakiti siapa pun dan kami juga tidak ingin terluka, ini adalah pola pikir dari Crying Nut.

Juga, kompensasi hukum yang akan kita akan dapatkan dari CNBLUE akan disetorkan ke perusahaan hukum kami, dan akan disumbangkan untuk hak cipta untuk membantu menumbuhkan band indie.

Kami mendengar bahwa CNBLUE juga pernah menjadi band indie di Jepang. Apa itu ‘indie’? indie itu adalah ‘independence (mandiri)’? Mereka membuat musik mereka sendiri, memproduksi dalam sistem mereka, dan mendistribusikan melalui metode yang cukup independen.

Yang paling penting adalah memiliki tanggung jawab penuh atas produk dan tindakan mereka. Ini adalah pola pikir. Kami tidak percaya bahwa kesalahan harus dihindari ketika kalian adalah bagian dari sebuah gerakan independen tapi tidak punya pilihan karena seseorang dengan kekuatan mengatakan kepada kalian untuk melakukannya.

“Salah satu langkah benar ‘dapat mengubah dunia. Dari Crying Nut.

Source : allkpop

indotrans : kidihae@koreanindo.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s