SM Entertainment Tanggapi Tuduhan Plagiarisme untuk “Dream Girl” SHINee

Beberapa fans internasional telah menemukan kesamaan antara lagu “Dream Girl” SHINee dan Luis Miguel “Vuelve” segera saat ‘Dream Girl’ dirilis dan sekarang masalah ini sedang menyoroti di Korea.

Sebuah video yang membandingkan kedua lagu tersebut diupload ke YouTube, dan banyak pemirsa yang mendengarkan itu tidak bisa berkutik karena menyadari kesamaan tersebut. Beberapa menyatakan bahwa SM Entertainment mungkin menjadikan lagu itu sebagai sampel setelah membeli hak publikasi.

Namun, SM Entertainment membantah semua rumor yang menyatakan lagu itu adalah jiplakan ataupun sampel, mengatakan, “‘Dream Girl’ adalah produk dari produser Shin Hyuk, yang terkenal sebagai produser bintang pop terkenal Justin Bieber, dan timnya penulisnya, ‘Joombas Music Factory’.” Dalam panggilan telepon dengan Chosun, mereka berkata, “Kami tidak membeli hak distribusi, dan kami tidak membuat sampel lagu itu. Ini adalah murni ciptaan SM Entertainment. Tuduhan plagiarisme hanya pendapat beberapa orang.”

Dalam panggilan telepon lain dengan Osen, seorang perwakilan dari SM mengatakan, “Kita tahu bahwa [tuduhan plagiat] telah berasal dari beberapa netizen. Kami tidak berpikir mereka tahu apa itu plagiarisme. Anda dapat mengatakan mereka serupa, tapi itu tidak benar untuk mengatakan bahwa mereka adalah sama.” Seorang komposer mengatakan pada Osen, “Untuk lagu yang dianggap menjiplak dari segi hukum, Empat bar harus benar-benar sama. Jika Anda membandingkan dua lagu tersebut, Anda tidak bisa mengatakan itu.”

sorce: allkpop

indotrans: saski@koreanshine

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s